Lidah buaya merupakan tumbuhan yang bisa hidup dengan mudah di wilayah negeri kita. Tumbuhan yang mempunyai nama latin Aloe vera ini memiliki bentuk seperti kaktus. Banyak yang menggunakan tanaman ini dikarenakan memiliki banyak manfaat serta khasiatnya bagi tubuh manusia. Untuk mendapatkan manfaat dan fungsi lidah buaya untuk kulit dan kesehatan, masyarakat menggunakan bagian gel / daging buah lidah buaya dalam berbagai jenis pengobatan. Selain bagian gel, kandungan lateks yang ada di bagian pucuk yang memiliki warna kekuningan juga bisa digunakan sebagai pengobatan. Anda bisa menjadikan tanaman ini bermanfaat dengan cara mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung lidah buaya yang masih segar atau bisa juga mengoleskannya untuk pengobatan luar.

Bagi anda yang masih belum mengetahui khasiat dari lidah buaya, yuk simak fungsi lidah buaya yang wajib anda ketahui sebagai berikut :

Berikut Beberapa Fungsi Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Menjaga kelembutan tangan

Jangan heran, jika banyak produk kecantikan kulit yang mengandung ekstrak lidah buaya. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang baik bagi kulit wajah ataupun kulit tangan. Kandungan lidah buaya yang memiliki kadar 99% air mampu menjaga sekaligus melembabkan kulit anda. bisa jadi lidah buaya ini anda gunakan sebagai pelembab alami untuk kulit anda agar lebih segar dan terlihat lebih awet muda. Manfaat dari fungsi lidah buaya ini bisa anda dapatkan dengan cara menggunakan krim perawatan wajah yang mengandung ekstrak lidah buaya ataupun menggunakan SLG Sunlight yang memiliki kandungan lidah buaya yang mampu menjaga kulit tangan anda agar tetap lembut.

  • Mampu mengatasi dermatitis

Dermatitis merupakan peradangan yang ada pada kulit akibat dari kulit yang sensitif akibat udara ataupun cuaca yang sangat panas. Biasanya, gejala ini memiliki tanda – tanda kulit yang berwarna merah, timbulnya bintik pada kulit, sekaligus gatal. Untuk mengatasi hal ini, anda cukup mengoleskan gel / daging buah lidah buaya ke kulit yang terkena dermatitis / eksim selama 2x dalam sehari. Rasa gatal yang berlebihan ini bisa diminimalisir dengan sensasi dinginnya gel lidah buaya. Selain iu, senyawa alprogen dan juga C-glukosil juga mampu menghambat sekaligus meredakan peradangan ataupun ruam merah pada kulit.

  • Mengatasi sembelit

Tak hanya baik untuk kesehatan saja, ternyata fungsi lidah buaya juga baik untuk kesehatan pencernaan. Seperti misalnya mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Dalam hal ini, bukan gel / daging lidah buaya yang akan digunakan, tetapi yang digunakan ialah bagian korteks yang tepat berada di bagian bawah kulit daun. Pada bagian korteks ini mempunyai komponen yang bernama aloin / barbaloin yang mempunyai efek laksatif. Laksatif inilah yang bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dikarenakan mampu bekerja dengan cara meningkatkan pergerakan usus sekaligus melunakkan feses. Anda bisa mendapatkannya ekstrak korteks lidah buaya ini yang telah dikemas dalam berbagai bentuk dan jenis kapsul yang dijual di toko tertentu saja.

  • Menyembuhkan sariawan

Sariawan memanglah rasanya tidak mengenakkan, karena membuat lebih menyulitkan dalam memakan makanan. Selain itu juga membuat bau mulut yang membuat tingkat rasa percaya diri berkurang. Anda bisa menggunakan gel / daging lidah buaya ini sebagai fungsi lidah buaya yang mampu menyembuhkan sariawan karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup. Anda cukup anda oleskan gel / daging buah lidah buaya pada bagian mulut yang sariawan atau menggunakannya sebagai campuran kumur. Gunakan secara teratur 4x dalam sehari agar mampu mempercepat penyembuhan luka sariwan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.